Ingin Jadi Hafidz? Ingat Ini!

TMPDOODLE1470466001976Luar biasa!

Begitu antusias orang tua memasukkan anak-anaknya ke lembaga tahfidz qur’an, bahkan dengan biaya yang sangat mahal dibandingkan dengan sekolah biasa!

Semakin banyak bermunculan lembaga pendidikan berbasis menghafal Al Qur’an atau dengan kegiatan unggulan tahfidz qur’an.

Berbagai metode cara menghafal cepat, banyak disosialisasikan. Pelatihan berkala, juga sering diadakan.

Kenapa bisa begitu?

Alhamdulillah, semakin meningkatnya kesadaran muslim akan pentingnya memperbanyak penghafal Al-Qur’an. Hal itu tidak lepas dari upaya berbagai pihak yang mensyiarkan keutamaan penghafal al qur’an, dengan berbagai kreasinya. Baik secara individu, kelembagaan, seminar, dauroh, pelatihan ataupun berbalut acara hiburan yang spektakuler dengan hadiah-hadiah yang sangat menggiurkan, seperti contohnya acara hafidz cilik di salah satu stasiun swasta.

Tentu kita layak bergembira menyambut perkembangan itu. Tanpa syiar, mungkin kita tidak akan tahu keutamaan menjadi seorang penghafal Al Qur’an, sehingga tak ada sedikitpun keinginan untuk berlelah-lelah atau mengarahkan anak-anak untuk menghafalkannya. Bisa jadi selama ini kita termasuk yang beranggapan, menghafal Al Qur’an, seperti halnya qiro’ah, hanya sebatas untuk dilombakan dalam MTQ yang rutin diselenggarakan.

Satu hal yang perlu diingat bagi seorang calon penghafal al qur’an atau orang tua yang mengarahkan anak-anaknya menjadi ┬áhafidul qur’an adalah, substansinya.

Utamanya adalah niat, karena apa yang diniatkan akan mempengaruhi proses dan hasil serta kesiapan mental menerimanya.

Pastikan, niat kita sudah benar saat memulainya dan terus evaluasi dalam perjalanannya, karena bisa terjadi, niat di awal akan berubah saat menjalani prosesnya.

Add Comment