Kiat Sukses Bisnis Owner Nibra’s House Lampung

Salah satu kebahagiaan saya adalah saat bertemu dengan pengusaha sukses dan tidak pelit berbagi kiat suksesnya. Salah satunya adalah kiat sukses bisnis owner Nibra’s House Lampung, Ibu Yanti.

Saya bertemu dan mendengar kisah sukses bisnisnya saat mengikuti acara gathering 3 Tapis Bloger pada hari Ahad, 25 Februari 2018 yang bertempat di Nibra’s House lampung yang beralamat di jl.  ZA. Pagar Alam no 27 A Labuhan Ratu Bandarlampung.

Ibu Yanti, owner Nibra’s House Lampung

Beliau menceritakan kisah jatuh bangunnya dalam menjalankan bisnis, begitu mengalir dengan penuh perasaan, sekali dua mengusap air mata yang menitik, mengenang masa-masa yang mengharu biru.

Pada bulan Mei 2012, beliau mulai bisnis dengan menjadi reseller Nibras, sambil mengajar di sebuah TK Islam Terpadu. Berawal dari 10 peace yang ditawarkan ke teman-temannya, Alhamdulillah, antusias.

Di awal, selain menjadi reseller Nibras, juga membawa produk merk lain untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Selain mengajar di TK, berjualan pakaian, juga mendampingi suami yang membuka bisnis optik.

Melihat penjualan Nibras yang bagus, Ibu Yanti memutuskan menjadi distributor dengan modal 25 juta untuk mendapatkan 300 piece produk.

Selama 3 tahun dikelola dengan ala kadarnya, mengandalkan bakat alam dan kegigihan, tanpa landasan ilmu bisnis. Sampai akhirnya, pada tahun 2015 benar-benar kolaps, ketika salah satu tenaga andalannya resign.

Tahun kesedihan, 2015 hampir tanpa penjualan, sehingga tidak bisa mengambil barang, karena harus melunasi tanggungan, baru bisa ambil barang lagi dan…2016 bisnis jatuh.

Dalam kondisi jatuh, terpuruk, suami memintanya resign dari mengajar, padahal saat itu penghasilan sudah sangat baik, setelah 13 tahun mengajar dan sertifikasi guru. Masa kontrakan toko habis. Kondisi benar-benar pailit.

Apa yang bisa dilakukannya kecuali mengadu kepada Yang Maha Kuasa untuk mengatasi kesulitan yang menggunung?

Dengan sungguh-sungguh Ibu Yanti mencanangkan diri ingin total berbisnis. Beliau mengukir mimpi dan menyampaikan impiannya itu kepada Allah dalam kesungguhan doa dan membina relasi dengan pegiat bisnis lainnya.

Dari pengalamannya itu, Ibu Yanti memberikan kiat-kiat suksesnya dalam membangun bisnis:

  1. Untuk bisa menjalani bisnis dan sukses, tidak bisa tidak harus mau belajar tentang bisnis yang digelutinya. Bisnis bukan semata bakat atau keberuntungan, tapi harus dikenali detail-detailnya. Banyak pebisnis sukses yang bisa dipelajari pengalamannya, ibaratnya mengikuti jejak langkah mereka. ATM, Amati apa yang dilakukannya sehingga mencapai sukses, Tiru setiap langkahnya dalam bisnis kita dan Modifikasi sesuai dengan kondisi di lapangan.
  2. Memperbaiki mindset. Keyakinan kepada Allah Yang Maha Memberi dan Mengatur rizki setiap hamba-Nya. Keyakinan ini akan mempengaruhi kita untuk lebih mendekat kepada-Nya, sebagai penentu rizki. Bukan sibuk mencari dan menggandeng investor, tapi justru sibuk mendawamkan sholat tahajut, memperbanyak istighfar. Kalau selama ini yang dianjurkan adalah istighfar 100 x setiap hari, maka pebisnis sukses bisa istighfar hingga 2500 x. Selain itu juga memperbanyak sedekah, karena Allah akan membalas kebaikan setiap hamba dengan berlipat-lipat. Ternyata mindset seperti ini mempengaruhi kesuksesan bisnis lebih dari 90%.
  3. Jangan takut bermimpi dan menyampaikan mimpi itu dalam doa-doa tahajut kita. Misalnya, menuliskan mimpi omzet penjualan 550 juta selama tiga bulan, Alhamdulillah, Allah kabulkan. Bukankah Allah sesuai prasangka hamba-Nya?
  4. Meningkatkan skill bisnis, walaupun hanya 5% pengaruhnya terhadap kesuksesan bisnis, tetapi ini bagian dari yang harus dilakukan, katakanlah merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendapat pengabulan doa.

 

Kiat sukses bisnis sangat mudah dituliskan, tapi butuh kesungguhan dalam menjalani prosesnya yang tidak sebentar. Kesabaran berlipat-lipat selama menunggu hasil.

Semoga saja kiat sukses bisnis owner Nibra’s House Lampung ini menjadi salah satu energi yang membangkitkan semangat kita yang sedang mencari solusi dalam kesulitan hidup di zaman ini.

Add Comment