Kolaborasi Orang Tua dan Sekolah dalam Mendidik Anak

tmpdoodle1477221276520

Sulit dipungkiri, bahwa mendidik anak di zaman ini lebih menantang, jika tidak dikatakan berat, dibandingkan sepuluh atau dua puluh tahun lalu.

Dulu, mungkin hampir tidak ada komunikasi intensif antara pihak orang tua dengan sekolah, kecuali ada kondisi darurat yang mendesak untuk diselesaikan, dan itu jarang terjadi.

Dulu, saat anak terdaftar di sebuah sekolah formal, dianggap seluruh tanggung jawab pendidikan dan pengawasan anak selama jam belajar, menjadi bagian sekolah. Sehingga kalau terjadi hal-hal tertentu, pihak sekokah akan dituntut dan disalahkan. Mungkin, saatnini pun, sebagian masih seprti itu.

Kini, di zaman keterbukaan informasi, sangat beralasan jika kekhawatiran orang tua meningkat drastis. Tanpa terus belajar tentang pengasuhan, bisa jadi orang tua akan akan kebingungan dalam mendidik anaknya, atau bahkan tidak tahu apa-apa yang terjadi  pada anak, sedang kondisi sudah sangat mengkhawatirkan.

SDIT Permata Bunda 1 Bandarlampung, sebagai sekolah IT pertama di Lampung, yang tergabung dalam JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu), sangat peduli dengan masalah itu. Bekerjasama dengan Komite Sekolah, yang merupakan orgnisasi orang tua murid, rutin mengadakan acara parenting, sebagai salah satu upaya menjembatani kesenjangan antara keilmuan tentang pengasuhn anak dengan kebutuhan pengasuhan yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Selain transfer ilmu, acara ini juga jadi ajang silaturahim dan komunikasi antara pihak orang tua dan sekolah, sebagai mitra dalam mendidik anak.

tmpdoodle1477221385120

Di sesi pagi sampai siang, acara ditujukan untuk orang tua yang anaknya duduk di kelas 4,5 dan 6, dengan tema Komunikasi Pengasuhan Anak, dengan pembicara Ibu Lis dan Pak Anwar, yang sudah berpengalaman dalam training pengasuhan anak.

Di sesi siang sampai sore, untuk orang tua yang anaknya duduk di kelaas 1,2 dan 3.

Mengapa dibedakan?

Demikianlah, selain unik, anak-anak mempunyai tugas perkembangan sesuai usianya, sehingga, untuk tema yang sama sekali pun, tetap ada penekanan-penekanan yang berbeda.

Ada beberapa hal penting yang harusnya menjadi perhatian bagi orang tua, saat berkomunikasi dengan anak, yang mana hal itu sering dilakukan, tanpa menyadari bahwa itu akan mengurangi efektivitas komunikasi bahkan bisa menimbulkan kegagalan komunikasi.

tmpdoodle1477220485301

Orang tua sering melakukan kekeliruan dalam komunikasi, yaitu:

  1. Bicara tergesa-gesa
  2. Tidak kenal dengan diri sendiri
  3. Lupa, bahwa setiapindividu itu UNIK
  4. Kebutuhan dan kemauan berbeda
  5. Tidak membaca bahasa tubuh
  6. Tidak mendengr perasaan
  7. Kurang mendengar aktif
  8. Sering menggunakan 12 gaya populer

4 Comments

  1. Naqiyyah Syam Oktober 23, 2016
    • nenysuswati123 Oktober 24, 2016
  2. fitri restiana Oktober 23, 2016
    • nenysuswati123 Oktober 24, 2016

Add Comment