Program KJ4 Bidang Kesejahteraan & Usaha/Kemandirian

Menurut KBBI, sejahtera artinya aman sentosa dan makmur, selamat.

Pada umumnya kita bicara sejahtera menunjuk pada kondisi ekonomi yang baik, kehidupan yang makmur atau berkecukupan, walaupun ukuran kehidupan sejahtera setiap orang sulit disamakan ukurannya.

Ada orang yang merasa cukup sejahtera saat kebutuhan pokoknya, yaitu makan, pakaian dan tempat tinggal terpenuhi, tetapi bagi lainnya hal seperti itu belum merasa sejahtera.

Bagaimana kondisi masyarakat Lampung?

Untuk menilainya, mungkin kita bisa melihatnya di catatan Badan Statisnik Nasional, tetapi tidak semua kita memahami angka-angka yang tertera di sana tanpa penjelasan dari yang memahami ilmunya.

Begitupun tentang anggaran daerah dan penggunaannya, tidak semua lapisan masyarakat memahami dan peduli dengan angka-angka itu. Yang mereka tahu adalah kenyataan sehari-hari yang dihadapi.

Dari mendengar suara rakyat secara langsung itulah paslon 4 cagub cawagub Lampung, berani mencanangkan program untuk masyarakat di anggaran tahun 2019-2020 sebagai berikut:

Bidang Kesejahteraan:

  1. Bantuan Rp 1 juta per tahun untuk 100.000 rumah tangga miskin, di berikan secara berkala untuk 100.000 rumah tangga yang memenuhi kriteria.
  2. Menanggung kerugian gagal panen. Dasar Hukum Peraturan Menteri Pertanian no.40 tahun 2015. Ganti rugi 6 juta per ha bagi petani yg gagal panen. Nilai premi 180.000/ha. 80% nilai premi di bayar oleh APBN. 20% (Rp 36.000/ha) sisanya di bayar oleh petani. Lembaga terkait PT. Jasindo.
  1. Pembagian benih unggul gratis dan jaminan ketersediaan pupuk subsidi. Pemberian benih padi dan jagung kepada petani tanaman pangan (7940 kelompoktani x 25 org/poktan=198,500 orang)
  2. Tunjangan untuk guru ngaji/pembina rohani 2 juta per tahun (2 guru/desa)
  3. Insentif Rp 1 juta/bulan untuk tenaga kesehatan daerah terpencil (600 desa)
  4. Bantuan Operasional keamanan daerah.
  5. Pemberian bantuan operasional  pemerintahan desa/kelurahan se-Lampung.

 

Bidang Usaha dan Kemandirian

  1. Modal Usaha sebesar Rp 4 juta/ orang untuk000 wirausaha pemula. Pemberian bantuan modal usaha para wirausaha muda yang dilakukan selama 5 tahun sebanyak 150.000 (40.000 wirausaha muda per tahun
  2. Menjamin pinjaman modal usaha bagi 500 RIBU UMKM dan Koperasi, memberikan akses modal usaha bagi 500 RIBU UMKM dan Koperasi untuk mendapatkan pembiayaan dari bank-bank pemerintah (BRI dan BNI; bunga pinjaman 0.5%)  melalui jamkrida.
  3. Pelatihan dan pendampingan usaha untuk 500 RIBU pengusaha, selama 5 tahun (personal branding, digitalisasi UMKM-Koperasi dll)

Sebagai masyarakat tentu kita berharap, program-program ini terealisasi saat pasangan ini benar-benar ditakdirkan menjadi pemimpin di Lampung.

KJ4 Bidang pendidikan dan kesehatan

Mencermati program KJ4

 

Add Comment