Sehari Bersama Al Qur’an

 

Setiap bulan Ramadhan, Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia propinsi Lampung, mengadakan acara Sehari Bersama Al Qur’an.

Lho, kok hanya sehari bersama Al Qur’annya? Bukankah sehausnya setiap hari?

Ha ha, itu hanya judul!

Begini, lho. . .

Acara ini sudah berlangsung beberapa tahun. Awalnya, acara benar-benar sehari, dari pagi sampai berbuka puasa bersama. Ah! Jadi jngat beberapa tahun lalu menangani orderan 500 kotak nasi ayam bakar, setengah dari 1000 kotak untuk acara ¬†sehari bersama Al Qur’an sekaligus buka bersama dhuafa, kalau nggak salah.

Kemudian waktunya dikurangi, dari pagi samapi waktu Ashar.

Nah! Sekarang, hanya dari pagi sampai Dzuhur.

Wah! Kemunduran, dong?

Maju, malah. . .waktu berakhirnya ???

Perubahan-perubahan itu tentu dengan pertimbangan dari berbagai sudut serta efektivitas acara.

Apa saja isi acaranya?

Setelah seremonial pembukaan dengan beberapa sambutan dari tokoh-tokoh, diantaranya Ade Utami Ibnu, ketua BKPRMI Lampung, ¬†dilanjutkan dengan tasmi’ Al Qur’an.

Seperti apa itu?

Seorang hafidz duduk di depan, membaca Al Qur’an tanpa melihat mushaf, didampingi seorang panitia yang duduk di sebelahnya, menyimak bacaan dengan memperhatikan mushaf, bertanggung jawab mengingatkan saat ada bacaan yang salah. Sementara itu, seluruh peserta juga menyimak bacaan sang hafidz.

Apa untungnya bagi peserta?

Mengoreksi bacaan qur’annya selama ini sesuai hukum tajwid.

Selanjutnya acara tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Khumaidi Lc, Al hafidz. Memotivasi peserta untuk berlomba-lomba menjadi pasukan penjaga Al Qur’an dengan segala keutamaannya.

Terakhir, peserta diberi waktu selama 2 jam untuk tilawah mandiri. Di sinilah kesempatan untuk membuktikan kemampuan diri kuat bertahan dengan berapa lama tilawah.

Bagi yang selama ini merasa tidak punya waktu untuk duduk bersama AlQur’an selama dua jam, saatnya bisa menikmati keindahan berlama-lama dengannya.

Acara ini bertujuan memotivasi peserta untuk mengisi hari-harinya dengan Al Qur’an, agar bisa menikmati kenikmatannya seperti hari ini.

One Response

  1. Presiden Jomblo Juni 13, 2017

Add Comment