Tips Aman Liburan Buat yang Pertama Kali ke Luar Negeri

Tips Aman Liburan Buat Yang Pertama Kali ke Luar Negeri

sumber: sarobi01/pixabay

sumber: sarobi01/pixabay

Melakukan perjalanan ke luar negeri untuk pertama kalinya tentu bikin deg-degan ya. Sebenarnya nggak perlu panik ketika kamu melakukan perjalanan ini. Karena dengan persiapan yang cukup, liburan ke luar negeri akan terasa sama santainya dengan traveling di Negara sendiri.

Nah, biar perjalanan kamu aman selama berada di negeri asing, lakukan beberapa tips berikut ini.

Buat Salinan Semua Dokumen

Penting untuk membuat salinan semua dokumen yang kamu bawa ke luar negeri. Mulai dari KTP, SIM, Paspor dan dokumen lain yang diperlukan selama berada di sana. Simpan salinan dokumen ini di tempat terpisah dari dokumen utama, dan tidak ada salahnya untuk menyimpan cadangan salinan di rumah. Jika perlu, buat salinan tiket Lufthansa yang kamu pegang untuk berlibur ke Negara tujuan. Meski sudah ada e-tiket yang mudah diakses dengan ponsel, tidak ada salahnya memegang salinan tiket fisik sebagai bukti jika terjadi hal yang tak diinginkan.

Simpan Dokumen Penting di Tempat Aman

sumber: overstock.com

sumber: overstock.com

Membeli tas kecil khusus untuk dokumen penting adalah investasi penting untuk perjalanan ke luar negeri. Ada banyak tas yang memang dikhususkan untuk dokumen seperti paspor yang bentuknya kece dan nggak membosankan. Bawa tas ini ke manapun kamu pergi, dan ingat, jangan pernah tinggalkan dokumen penting di dalam hotel, termasuk tiket Lufthansa yang akan kamu gunakan sebagai moda transportasi pulang ke Indonesia nanti.

Siapkan Uang Tunai Dalam Jumlah Cukup

Meski di kota tujuan ada banyak ATM yang bisa kamu pergunakan, namun sebaiknya siapkan uang tunai dalam jumlah cukup untuk uang saku selama perjalanan di luar negeri. Kamu tak akan tahu mana mesin ATM yang aman dari skimming atau tindak kejahatan perbankan lainnya. Pembayaran dengan uang tunai adalah cara paling aman untuk bertransaksi di negeri yang belum kamu kenal.

Pastikan untuk menyimpan uang di tempat yang berbeda-beda. Sebagian kecil saja diletakkan di dompet, dan sebarkan sisanya di tempat aman sebagai dana cadangan.

Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya Tentang Kota Tujuan

sumber: rawpixel/pixabay

sumber: rawpixel/pixabay

Gali informasi selengkap mungkin mengenai Negara tujuan yang bakal kamu datangi, sekaligus kota dan juga tempat liburan yang diincar. Cek moda transportasi apa saja yang tersedia di sana, berapa ongkos perjalanannya. Catat juga nomor-nomor darurat dari kota tersebut di ponsel dan buku kecil sebagai jaga-jaga.

Cek Lokasi Kedutaan Besar Paling Dekat Dengan Lokasi Liburan

Selalu cek lokasi Kedutaan Indonesia atau Konjen yang paling dekat dengan lokasi tempat kamu liburan. Dan jadi lebih baik jika kamu melaporkan kedatangan ke pihak Kedutaan bahwa saat ini sedang liburan di tempat tersebut.

Dengan data yang tercatat di Kedutaan Indonesia, kamu bisa mendapatkan pertolongan ketika terjadi hal yang tak diinginkan dengan lebih mudah dan cepat.

Selalu Waspada dan Tak Mudah Percaya Pada Orang Asing

sumber: kirkandmimi/pixabay

sumber: kirkandmimi/pixabay

Jangan berikan nomor identitas dengan mudah, termasuk nomor tiket penerbangan dengan pesawat Lufthansa yang sudah kamu pesan. Berada di negeri asing, artinya kewaspadaan harus lebih ditingkatkan. Jangan mudah percaya kepada orang asing.

Berteman boleh, namun jangan gampang membagikan informasi penting terutama mengenai data pribadi ke orang yang baru dikenal.

Dengan beberapa tips di atas, perjalanan kamu bisa sama nyamannya dengan liburan di negeri sendiri. Selamat liburan ke luar negeri!

 

Add Comment